Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Cara mengatasi Ubuntu yang tidak bisa update atau instal aplikasi


Ketika anda mebuka terminal dan menjalankan update $ sudo apt-get update atau menginstal aplikasi $ sudo apt-get install xxx muncul seperti berikut :

E: Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)
E: Unable to lock directory /var/lib/apt/lists/


atau

E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11: Sumber daya sementara tidak tersedia)

E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/), is another process using it?


       Ini berarti sebelumnya ada proses update atau instal aplikasi yang belum selesai atau dihentikan paksa, bisa jadi karena menutup terminal saat meng-update repositori atau membuka manajer paket pada saat bersamaan.

      Ada beberapa paket manajer di ubuntu Synaptic, Ubuntu software center, apt-get(terminal), dll. Semua paket manajer tersebut tidak bisa digunakan bersamaan, untuk menginstal/menghapus aplikasi gunakan salah satu aplikasi saja. Untuk mengatasi error seperti diatas tutup semua paket manajer yang terbuka lalu buka satu paket manajer saja bila masih terjadi eror ikuti perintah ini, buka terminal ketik:

$ sudo rm /var/lib/apt/lists/lock
$ sudo rm /var/lib/dpkg/lock
atau jika ingin hapus lewat antarmuka bisa menggunakan perintah ini
$ sudo nautilus
Buka direktori /var/lib/apt/lists dan /var/lib/dpkg/ hapus file lock yang ada di folder lists kemudian kembali terminal lakukan pembaruan repositori lagi
$ sudo apt-get update

       Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, jangan keluar terminal saat masih melakukan update atau masih dalam konfigurasi pemasangan aplikasi dan buka satu manajer paket saja.

      Untuk kode galat seperti dibawah ini biasanya setelah mengutak-atik sourcelist.

W: GPG error: http://ppa.launchpad.net trusty Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 4C1CBE14852541CB

Cara mengatasinya dengan perintah
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 4C1CBE14852541CB

78 komentar:

Centang "Beri tahu saya" untuk menerima balasan via email

  1. oh gitu ya . . .?
    akhirnya . . .
    hehe :D

    BalasHapus
  2. ini yang terjadi pada saya, nanti saya coba benerin dulu, terima kasih infonya

    BalasHapus
  3. E: dpkg was interrupted, you must manually run 'sudo dpkg --configure -a' to correct the problem.
    ini kenpa ya gan maslahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini biasanya sudah berhasil download aplikasi tetapi pada saat konfigurasi, keluar dari package manager. Untuk mengatasinya jalankan perintah sudo dpkg --configure -a

      Hapus
  4. makasih banyak gan hehe

    BalasHapus
  5. thanks gan, ni ud bisa

    BalasHapus
  6. W: GPG error: http://extras.ubuntu.com precise Release: The following signatures were invalid: BADSIG 16126D3A3E5C1192 Ubuntu Extras Archive Automatic Signing Key

    kalau ini kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gpg key untuk repository tsb hilang pada database apt-key. Coba pakai printah " sudo rm
      -rf /var/lib/apt/lists
      && sudo mkdir /var/lib/
      apt/lists "

      Hapus
    2. Kalau ini knapa ya ?

      W: galat GPG: https://download.01.org trusty InRelease: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY A902DDA375E52366

      Hapus
  7. W: Failed to fetch gzip:/var/lib/apt/lists/partial/archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_quantal_main_binary-i386_Packages Hash Sum mismatch
    .
    kalau gni knp gan....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan baru bls. Gmn dah solved belum. itu kesalahan saat update, coba pakai perintah
      " sudo rm -rf /var/lib/apt/lists && sudo mkdir /var/lib/apt/lists " .

      Hapus
  8. semua perintah di atas sudah ane coba gan tapi not found semua?
    mohon pencerahannya gan!

    BalasHapus
  9. E: galat GPG: http://id.archive.ubuntu.com trusty InRelease: Clearsigned file isn't valid, got 'NODATA' (does the network require authentication?)

    update ga bisa apalagi instal aplikasi..
    help me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai telkomsel ya gan. Itu ulah telkomsel, cb perhatiin pas mau update dialihkan ke ads.telkomsel.com bukannya ke server repo. Coba terus ja gan sy juga sering ky gitu.

      Hapus
  10. kalo kaya gini gimana gan, yg diatas udah ane coba semua tapi begini (E: Unable to locate package)

    BalasHapus
    Balasan
    1. paket tidak ada gan, bisa jadi salah ketik, belum diupdate. coba cek oaketnya di software center atau di synaptic

      Hapus
  11. mau update mlah muncul E: Some index files failed to download. They have been ignored, or old used instead. kalo kaya gitu kenapa? solusinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode diatasnya apa? w : .......

      Hapus
    2. tadi tak coba lagi sudah gak muncul kayak gitu lagi tapi malah muncul
      W:GPG eror: http://ppa.launchpad.net precise release: the following singnatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 5A9A06AEF9CB8DB0

      Hapus
  12. W: galat GPG: https://download.01.org trusty InRelease: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY A902DDA375E52366

    ini gmana cara ngatasinnya ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudo apt-key adv --recv-key --keyserver keyserver.ubuntu.com A902DDA375E52366

      Hapus
  13. gan, kemarin aku mau instal aplikasi tapi laptop tiba-tiba mati, otomatis instalnya gagal. terus aku coba lagi tapi malah muncul window yang isinya "location of xx installation(s)", solusinya gimana gan? help please

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakai ini gan sudo apt-get install -f

      Hapus
    2. udah dicoba gan, tapi masih keluar "location of xxx installation(s)", itu gimana?....

      Hapus
    3. sy cari2 ga ada kode eror seperti itu gan, coba hapus aplikasinya dulu lalu install lagi kalau msh ga bisa silahkan tanya yg lebih paham di grub fb ubuntu indonesia.

      Hapus
    4. ok gan, thanks buat solusi dan sarannya

      Hapus
  14. gan saya mau instal wine tapi muncul E: Unable to fetch some archives, may run apt-get update or try with--fix missing?
    solusinya gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya itu tdk terkonekai internet. cb cek koneksinya.

      Hapus
    2. ok gan, udah bisa ini. habis itu muncul package configuration....itu diapain gan?

      Hapus
    3. kode errornya ky apa gan?

      Hapus
    4. Package Configuration
      Configuring ttf-mscorefont-installer
      True Type core fonts for the web EULA
      End-user license agreement for microsoft software
      .....
      .....
      .....

      itu diapain gan?

      Hapus
    5. pake "tab" gan

      Hapus
  15. W: GPG error: https://download.01.org trusty InRelease: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY A902DDA375E52366
    W: GPG error: http://ppa.launchpad.net trusty Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY A6804EA8EAE0D85C

    kalo ini knp y gan??

    BalasHapus
  16. Belajar linux memang tiada habisnya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, ada kepuasan sendiri dan tdk semua orang mau mempelajari linux padahal ilmunya banyak sekali.

      Hapus
  17. kalo masih gabisa kenapa ya mas ? kira" error nya seperti ini :

    root@kranji-desktop:/home/kranji# sudo apt-get update
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty InRelease
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty-updates InRelease
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty-backports InRelease
    Ign http://extras.ubuntu.com trusty InRelease
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty Release.gpg
    Ign http://extras.ubuntu.com trusty Release.gpg
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty-updates Release.gpg
    Ign http://extras.ubuntu.com trusty Release
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty-backports Release.gpg
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty Release
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty-updates Release
    Ign http://id.archive.ubuntu.com trusty-backports Release
    Ign http://security.ubuntu.com trusty-security InRelease
    Ign http://security.ubuntu.com trusty-security Release.gpg
    Ign http://security.ubuntu.com trusty-security Release
    Err http://extras.ubuntu.com trusty/main Sources

    BalasHapus
  18. gan, nompang nanya gan, kalau kaya gini apa masalahnya gan :
    E: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.
    thank,s gan

    BalasHapus
  19. wasiul is not in the sudoers file. This incident will be reported. itu kenapa ya gan ..!

    BalasHapus
  20. terima kasih banyak gun ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  21. Kesalahan http://id.archive.ubuntu.com precise Release.gpg
    Kegagalan penterjemahan sementara 'id.archive.ubuntu.com'
    Kesalahan http://security.ubuntu.com precise-security Release.gpg
    Kegagalan penterjemahan sementara 'security.ubuntu.com'
    Kesalahan http://id.archive.ubuntu.com precise-updates Release.gpg
    Kegagalan penterjemahan sementara 'id.archive.ubuntu.com'
    Kesalahan http://id.archive.ubuntu.com precise-backports Release.gpg
    Kegagalan penterjemahan sementara 'id.archive.ubuntu.com'
    Sedang membaca daftar paket... Selesai
    W: Gagal mengambil http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/precise/Release.gpg Kegagalan p enterjemahan sementara 'id.archive.ubuntu.com'

    W: Gagal mengambil http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/precise-updates/Release.gpg Kegagalan penterjemahan sementara 'id.archive.ubuntu.com'

    W: Gagal mengambil http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/precise-backports/Release.gpg Kegagalan penterjemahan sementara 'id.archive.ubuntu.com'

    W: Gagal mengambil http://security.ubuntu.com/ubuntu/dists/precise-security/Release.gpg Kegagalan penterjemahan sementara 'security.ubuntu.com'

    W: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.

    BalasHapus
  22. gan solusi untuk ubuntu.. saat saa mau install kan abis reboot udah keluar loading ubuntunya nah itu loadingnya jalan cuma berjam jam gakeluar instalasinya itu kenapa ya?
    -newbie:D

    BalasHapus
  23. gan solusi untuk ubuntu.. saat saa mau install kan abis reboot udah keluar loading ubuntunya nah itu loadingnya jalan cuma berjam jam gakeluar instalasinya itu kenapa ya?
    -newbie:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. direboot lagi aja gan. klo masih ga bisa buat ulang installernya.

      Hapus
  24. Fetched 1,643 kB in 3min 47s (7,207 B/s)
    E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)
    E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/), is another process using it?
    kenapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada aplikasi manajaer paket (ubuntu software center, gdebi) yang masih terbuka. tutup semua. lalu ketik sudo rm /var/lib/dpkg/lock

      Hapus
  25. E: GPG error: http://extras.ubuntu.com precise Release: The following signatures were invalid: NODATA 1 NODATA 2

    ini kenapa ya gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ga tau pasti, kayaknya dr operator atau wfifinya. Coba pakai perintah ini
      sudo apt-get clean
      cd /var/lib/apt
      sudo mv lists lists.old
      sudo mkdir -p lists/partial
      sudo apt-get clean
      sudo apt-get update

      Hapus
    2. gan klo ada warning kaya gini gmna?
      ldconfig deferred processing now taking place
      Ada kesalahan saat memproses:
      memtest86+
      ubuntu-standard

      Hapus
  26. mantap gan, membantu sekali, baik bgt sih ah haha

    BalasHapus
  27. gan, udh ane coba semua cara diatas, kok masih ga bisa ya? ini solusinya gimana?

    W: Failed to fetch cdrom://Ubuntu 14.04 LTS _Trusty Tahr_ - Release i386 (20140417)/dists/trusty/main/binary-i386/Packages Please use apt-cdrom to make this CD-ROM recognized by APT. apt-get update cannot be used to add new CD-ROMs

    W: Failed to fetch cdrom://Ubuntu 14.04 LTS _Trusty Tahr_ - Release i386 (20140417)/dists/trusty/restricted/binary-i386/Packages Please use apt-cdrom to make this CD-ROM recognized by APT. apt-get update cannot be used to add new CD-ROMs

    E: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ketik $ sudo software-properties-gtk , yang cdrom jangan dicentang, trus update lagi.

      Hapus
  28. Ketika saya mengetik $ sudo apt-get update , lalu muncul tulisan seperti ini.
    W: A error occurred during the signature verification. The repository is not updated and the previous index files will be used. GPG error: http://ppa.launchpad.net precise Release: The following signatures were invalid: NODATA 1 NODATA 2

    W: Failed to fetch http://ppa.launchpad.net/nilarimogard/webupd8/ubuntu/dists/precise/Release

    W: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.

    Itu gimana cara perbaikinya?

    BalasHapus
  29. kenapa muncul tulisan seperti ini ya..
    98% [1 InRelease gpgv 822 B] [Waiting for headers] [Waiting for headers] [ConneSplitting up /var/lib/apt/lists/partial/ppa.launchpad.net_chris-lea_mongodb-drivers_ubuntu_dists_trusty_InRelease Ign http://ppa.launchpad.net trusty InRelease
    E: GPG error: http://ppa.launchpad.net trusty InRelease: Clearsigned file isn't valid, got 'NODATA' (does the network require authentication?)

    BalasHapus
  30. E: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.


    diatasnya ada

    W: Failed to fetch http://us.old-releases.ubuntu.com/ubuntu/dists/raring-backports/universe/i18n/Translation-en Something wicked happened resolving 'us.old-releases.ubuntu.com:http' (-11 - System error)

    itu gmna gan solusinya

    BalasHapus
  31. saya pengguna baru gan mau pas mau instal muncul gini mulu Software can't be installed or removed because the authentication service is not available. (org.freedesktop.PolicyKit.Error.Failed: ('system-bus-name', {'name': ':1.121'}): org.debian.apt.install-or-remove-packages

    BalasHapus
  32. ini gimana gan wkwkwkwk sory newbie gan sudo: unable to change to root gid: Operation not permitted
    guest-Zi8260@linux:~$

    BalasHapus
  33. kalo mau ganti source list gimana ya?

    BalasHapus
  34. N: Ignoring file 'sudo' in directory '/etc/apt/sources.list.d/' as it has no filename extension
    N: Ignoring file 'rm' in directory '/etc/apt/sources.list.d/' as it has no filename extension
    N: Ignoring file 'sources.list.tmp*' in directory '/etc/apt/sources.list.d/' as it has an invalid filename extension
    W: Failed to fetch http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/trusty/universe/binary-amd64/Packages Hash Sum mismatch

    E: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.

    ini kenapa ya gan? mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
  35. W:GPG error: http://security.ubuntu.com trusty-security InRelease: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 40976EAF437D05B5 NO_PUBKEY 3B4FE6ACC0B21F32, W:GPG error: http://id.archive.ubuntu.com trusty-updates InRelease: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 40976EAF437D05B5 NO_PUBKEY 3B4FE6ACC0B21F32, W:GPG error: http://extras.ubuntu.com trusty Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 16126D3A3E5C1192, W:GPG error: http://id.archive.ubuntu.com trusty-backports InRelease: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 40976EAF437D05B5 NO_PUBKEY 3B4FE6ACC0B21F32, W:GPG error: http://id.archive.ubuntu.com trusty Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 40976EAF437D05B5 NO_PUBKEY 3B4FE6ACC0B21F32, W:Failed to fetch cdrom://Ubuntu 14.04.3 LTS _Trusty Tahr_ - Beta amd64 (20150805)/dists/trusty/main/binary-amd64/Packages Please use apt-cdrom to make this CD-ROM recognized by APT. apt-get update cannot be used to add new CD-ROMs
    , W:Failed to fetch cdrom://Ubuntu 14.04.3 LTS _Trusty Tahr_ - Beta amd64 (20150805)/dists/trusty/restricted/binary-amd64/Packages Please use apt-cdrom to make this CD-ROM recognized by APT. apt-get update cannot be used to add new CD-ROMs
    , W:Failed to fetch cdrom://Ubuntu 14.04.3 LTS _Trusty Tahr_ - Beta amd64 (20150805)/dists/trusty/main/binary-i386/Packages Please use apt-cdrom to make this CD-ROM recognized by APT. apt-get update cannot be used to add new CD-ROMs
    , W:Failed to fetch cdrom://Ubuntu 14.04.3 LTS _Trusty Tahr_ - Beta amd64 (20150805)/dists/trusty/restricted/binary-i386/Packages Please use apt-cdrom to make this CD-ROM recognized by APT. apt-get update cannot be used to add new CD-ROMs
    , W:Failed to fetch gzip:/var/lib/apt/lists/partial/id.archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_trusty_universe_binary-amd64_Packages Invalid file format
    , E:Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.

    tolong gan :(

    BalasHapus
  36. gan gimana cara memperbaiki Ubuntu yang gak bisa jalan perintahnya...
    mohon infoya gan...

    BalasHapus
  37. kalo ini masalahnya gmana???
    sudo apt-get install vlc
    Reading package lists... Error!
    E: Encountered a section with no Package: header
    E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/extra.linuxmint.com_dists_rafaela_main_i18n_Translation-id
    E: The package lists or status file could not be parsed or opened.

    BalasHapus
  38. klo ini knp ya gan

    sudo apt-get upgrade
    Reading package lists... Done
    Building dependency tree
    Reading state information... Done
    Calculating upgrade... Done
    The following packages will be upgraded:
    libnautilus-extension1a nautilus nautilus-data ttf-mscorefonts-installer
    4 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded.
    1 not fully installed or removed.
    E: Could not get lock /var/cache/apt/archives/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)
    E: Unable to lock directory /var/cache/apt/archives/

    BalasHapus
  39. "E: Failed to fetch http://ppa.launchpad.net/thomas-schiex/blender/ubuntu/pool/main/b/blender/blender_2.76-b-1446548197-0thomas~trusty1_amd64.deb Unable to connect to ppa.launchpad.net:http:"
    gan cara ngatasi error seperti ini gmana ?

    BalasHapus
  40. gan ane newbi udah dapet masalah kaya gini , gimana cara mengatasinya

    E: Type 'n' is not known on line 2 in source list /etc/apt/sources.list.d/ubuntu-tweak-testing-ppa-lucid.list
    E: The list of sources could not be read

    BalasHapus
  41. Kejadian yang baru saya alami, dan setelah coba perintah diatas, langsung berhasil. thanks untuk sharingnya

    BalasHapus
  42. Gan numpang nanyak mengenai Web server!!
    cara mengupload file ke server lewat kode php gmn gan?
    ane sdang buat website php upload & download. ane coba di XAMPP komputer saya berhasil gan, mengupload file ke htdocs, begitu saya pindahkan folder web saya ke server di /var/www/http/"folder saya" lalu saya jalan kan di browser dengan memanggil "IP_Server/nm_folder" cth:"192.168.1.11/webku" dan saya mencoba mengupload sebuah file tdk berhasil.. sedgkan di XAMPP saya jalankn berhasil gan. Mohon solusi dan bantuannya gan...

    Saya menggunakan Ubuntu Server 14.04 LTS.
    beberapa sudah di install di server:
    - Apache2
    - PHP5
    - MySql

    Mohon bantuannya gan... Please...

    BalasHapus
  43. thanks gan infonya

    kunjungi hargaalatantrianc2000.blogdetik.com pusatmesinantrianc2000.blogspot.co.id
    pusat alat antrian otomatis +software dan alat survey kepuasan pelanggan
    kami menjual alat antrian:

    -alat antri sederhana
    -alat antri berbasis android
    -survey kepuasaan layanan
    -kiosk
    -dan juga berbagai macam type tentunya

    hubungi www.alatantrian.com
    denny@cendana2000.com 082130345677

    BalasHapus
  44. gan pesan erornya begini atasinnya gmana.....

    root@mardania:/home/mardania# apt install unity-tweak
    Reading package lists... Done
    Building dependency tree
    Reading state information... Done
    E: Unable to locate package unity-tweak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan pada nama paketnya, seharusnya unity-tweak-tool.

      Hapus
  45. gan pesan erornya begini atasinnya gmana...
    wanpunya@wan:~$ sudo apt-get install xdman
    sudo: unable to resolve host wan
    Reading package lists... Done
    Building dependency tree
    Reading state information... Done
    E: Unable to locate package xdman

    BalasHapus
Back to Top