Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Cara mengganti tema dan ikon Ubuntu / Gnome

       Jika kamu baru di dunia linux pasti kamu lagi senang-senangnya untuk mengutak-atik sistem baik itu dari segi sistem maupun tampilan. Kali ini saya akan berbagi tips cara mengganti tema dan ikon pada sitem operasi GNU/Linux.

         Pada dasarnya tema pada linux adalah file-file yang disatukan dalam satu folder kemudian folder itu dimasukkan ke direktori tema. Direktori tema yaitu ada di /home/USER/.local/share/themes dan /usr/share/themes. Apa perbedaan jika tema diinstal di /home/USER/.local/share/themes dan /usr/share/themes?
 /home/USER/local/share/themes adalah direktori untuk user dimana  dimana hanya untuk user yang sedang diapakai saja.  Ini akan terlihat jika kamu membuka   nautilus dengan  perintah root(sudo nautilus). Tema  akan berubah  ke tema  root.

Kembali ke cara pasang tema,  cara  pasang tema  cukup menyalin folder tema  ke direktori tema.
Jika ingin  pasang didrektori user  salin tema ke  folder .local/share/themes. Buka nautilus di home kemudian  tekan Ctrl+h, untuk diketahui folder yang berawalan titik adalah folder yang disembunyikan. Untuk menembunyikan  lagi tekan Ctlr+h. Bila folder themes tidak ada buat folder sendiri. Kemudian  folder tema ke folder  themes.


Untu memasang di /usr/share/themes. Buka salin folder tema kemudian buka  nautilus root(sudo nautilus) lalu salin folder ke /usr/share/themes.

untuk mengganti tema gunakan perintah berikut :

Unity, GNOME 3 Shell/Classic, Cinnamon

gsettings set org.gnome.desktop.interface gtk-theme "namaTema"

MATE

mateconftool-2 --type=string --set /desktop/mate/interface/gtk_theme "namaTema"

GNOME 2

gconftool-2 --type=string --set /desktop/gnome/interface/gtk_theme "namaTema"

namaTema diganti dengan nama tema, harus sama persis dangan nama tema dan tetap menggunakan tanda petik.

Jika kamu kesulitan dengan perintah diatas bisa instal gnome-tweak-tool, kamu bisa ganti tema dari sana.

1 komentar:

Centang "Beri tahu saya" untuk menerima balasan via email

  1. terima kasih gan atas infonya. apakah ini bisa digunakan untuk seluruh varian dari ubuntu?maaf ane neubie gan jadi masih bingung untuk linux dan lagi belajar linux

    BalasHapus
Back to Top