Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Tips memilih distro Linux untuk pemula

Selamat datang di dunia sumber terbuka ( open source ). Jika Anda sampai kepada dunia linux saya yakin Anda seorang petualang, kreatif, dan tidak bisa dibatasi.

Sebelum sampai sini pastinya Anda sudah mencari tahu apa itu linux dan distro-distro linux. Untuk daftar distro linux selengkapnya ada di distrowatch.

Sebelum instal Linux pasti Anda berpikir berulang kali memantapkan hati untuk menginstal Linux di komputer. Saya sarankan pakailah distro Linux yang banyak dipakai teman Anda, karena saat Anda menemui kendala Anda bisa dengan mudah bertanya kepada mereka dan tentu mereka lebih berpengalaman dengan linux.

Linux deepin


Linux mint


Jika tidak ada teman anda yang memakai Linux maka pakailah distro Ubuntu atau turunannya. Karena paling banyak tutorial yang membahas Ubuntu daripada distro Linux  lainnya.

Maaf sebelumnya saya asumsikan anda sebagai pemula yang ingin mulai dari nol.

Diatas saya sudah menyarankan menggunakan distro Ubuntu dan turunannya, tetapi lebih khusus yang out of the box, artinya siap pakai, sudah dilengkapi codec multimedia yang mempunyai hak cipta.
Apakah Ubuntu out of the box? Tidak. Lalu bagaimana? Setelah selesai menginstal Ubuntu di komputer, anda tidak bisa langsung memutar film atau music. Mengapa begitu? Pasti repot menggunakan Linux? Tidak juga, tergantung pola pikir kita dan kesadaran untuk menggunakan perangkat lunak yang legal. Meskipun bersifat open source yang mengesampingkan hak cipta tetapi Ubuntu tetap menjunjung tinggi hak cipta. Tenang anda bisa menginstal codec dengan menginstal ubuntu-restricted-extras.

Distro apa yang out of the box?  Linux mint, Linux deepin, Zorin OS(mirip Windows), Pear OS(mirip Mac OS X) dan distro lainnya juga banyak.

Selain itu, apa artinya sebuah sistem operasi tanpa ekosistem, jadi untuk kita yang pemula dan dengan sistem operasi yang baru tentu merasa ada didunia yang sangat asing maka pakailah sistem operasi yang banyak didukung aplikasi. Distro yang banyak dukungan aplikasi adalah Debian, Ubuntu, dan turunannya dengan paket manajer .deb. Deb adalah paket aplikasi, istilah di android adalah Apk, dan distro lainnya yang menggunakan paket manajer Rpm (Fedora, OpenSuse, dll.)

Tautan unduh ISO
Linux mint pilih multimedia support yes
Linux deepin
Zorin OS
Ubuntu

32bit atau 64bit?
Bila prosesor Anda AMD berarsitektur X86_64, Anda bisa menggunakan Distro dengan 32bit atau 64bit. Jika Memori RAM Anda kurang dari atau 2GB sebaiknya Anda pilih yang 32bit saja.

Berapa ukuran Partisi SWAP yang ideal?
Menurut teori ukuran SWAP yang ideal adalah dua kali dari ukuran RAM, tetapi ada juga ada yang berpendapat bila ukuran memori RAM 2GB atau lebih, cukup membuat partisi SWAP dengan ukuran 1GB. Memori SWAP digunakan saat sistem kehabisan memori RAM, jika memori RAMnya lebih dari 2GB  sistem tidak terlalu membutuhkan memori SWAP.


Pemecahan masalah
Jika anda menemui masalah pada distro anda, anda perlu menginduk ke Ubuntu dasarnya, misalnya menggunakan Linux deepin 2013 yang berdasar Ubuntu 13.04 maka jika menemui masalah anda bisa mencari tutorial dengan masalah yang sama dengan Ubuntu 13.04. Begitu juga masalah aplikasi, aplikasi Ubuntu 13.04 dapat dipasang pada Linux deepin 2013.

Jika saya menginstal Ubuntu, bagaimana menginstal codecnya? Yang pertama harus tersambung ke internet lalu buka terminal ketik
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Kendala yang biasa ditemui di linux:

1. Modem
Ada banyak modem yang sudah didukung linux. Bila sudah didukung tidak perlu instalasi driver, tinggal menyetel setingan operator. Sebelum pasang linux sebaiknya Anda cari tahu dahulu apakah sudah didukung linux apa belum. Sudah banyak tutorial yang membahas instalasi modem di Ubuntu.

2. Touchpad
Untuk komputer berprosesor AMD ada sedikit kendala dengan touchpad, pada saat menyala touchpad tidak menyala secara bawaan. Kita harus menekan tombol pintas untuk mengaktifkannya(misal Fn+F7 pada acer). Jika touchpad tidak bisa aktif maka kita harus menginstal AMD Catalyst Driver.

3. Kecerahan
Ubuntu 12.04 kecerahan layar tidak bisa diturunkan. Saya sudah menulis tutorialnya disni


Mohon dikoreksi jika ada yang salah karena saya juga seorang pemula yang masih belajar Linux

0 komentar:

Posting Komentar

Centang "Beri tahu saya" untuk menerima balasan via email

Back to Top