Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Cara mereset pengaturan Ubuntu seperti saat pertama diinstal


Satu hal yang paling disukai di Linux adalah mudah dalam penyesuaian desktop. Sayangnya jika kita tidak tahu apa yang kita lakukan atau bahkan tahu dengan segala resikonya bisa saja menemui masalah.

Desktop menjadi berantakan atau tidak bisa masuk GUI. Biasanya hal ini terjadi saat mengutak-atik menggunakan compiz manager, bila tidak tepat pengaturannya desktop Gnome  bisa tidak berjalan dengan semestinya.

Cara ini akan sangat berguna pada saat Anda stres karena Desktop Gnome bermasalah. Seperti yang Anda tahu segala sesuatu di dalam Linux adalah berkas, semua konfigurasi juga berupa berkas. Di dalam folder Home Anda adalah tempat semua konfigurasi dan file user berada. Hapus folder ini untuk me-reset Ubuntu / Gnome kembali keadaan bawaan.

Cara 1
Jika Anda tidak bisa masuk ke tampilan Grafis(GUI) Desktop untuk menghapus folder didalam nautilus atau cuma berhenti di tampilan login, silahkan pindah ke mode baris perintah dengan menekan CTRL+ALT+F1, Login ke akun Anda dan jalankan perintah berikut :

GNOME2

rm -rf .gnome .gnome2 .gconf .gconfd .metacity

Jangan lupa untuk membuat cadangannya
mkdir ./.old-gnome-config && mv ./.gnome* ./.old-gnome-config && mv .gconf* ./.old-gnome-config && mv ./.metacity ./.old-gnome-config

GNOME3
rm -rf .gnome .gnome2 .gconf .gconfd .metacity .cache .dbus .dmrc .mission-control .thumbnails ~/.config/dconf/user ~.compiz*

Buat cadangannya
mkdir ./.old-gnome-config/ && mv ./.gnome* ./.old-gnome-config/ && mv .gconf* ./.old-gnome-config/ && mv ./.metacity ./.old-gnome-config/ && mv ./.cache ./.old-gnome-config/ && mv ./.dbus ./.old-gnome-config/ && mv ./.dmrc ./.old-gnome-config/ && mv ./.mission-control ./.old-gnome-config/ && mv ./.thumbnails ./.old-gnome-config/ && ~/.config/dconf/* ./.old-gnome-config/

Kembali ke tampilan grafis tekan CTRL+ALT+F7
Seharusnya sudah normal sekarang.
Harap diingat trik ini hanya akan mengatur ulang pengaturan Gnome-spessific. Jika Anda mengalami masalah dengan kartu video Anda, x-server, dll, ini TIDAK AKAN memperbaiki masalah tersebut.

Cara 2

Bila cara diatas tidak mempan silahkan pakai trik berikut. Pada trik ini intinya  adalah menyalin berkas konfigurasi dari LiveCD atau LiveUSB.

Langkah-langkah :
1. Masuk Ubuntu dengan LiveCD atau LiveUSB
2. Buka nautilus, buka atau kaitkan partisi sistem Ubuntu pada hardisk.
3. Buka nautilus root ( $ sudo nautilus root ) pada direktori home , tekan Ctrl+h. Salin folder .config. tempelkan folder .config ke partisi sistem ubuntu /home/namapengguna/ . Timpa saja folder .config yang sudah ada.

4. Masuk dan login ke sistem Ubuntu (bukan LiveCD/USB). Pertama desktop berantakan. Jangan panik karena folder .config masih punya root. Kita ubah hak akses folder .config ke user. Salin perintah berikut :
$ sudo chown -R namapengguna ~/.config
Ket: nama pengguna diganti dengan nama pengguna komputer anda. Penulisan -R tetap seperti itu jangan memakai "r".

Selesai, nyalakan ulang komputer anda ($ sudo reboot).

Back to Top