Kebebasan untuk Pemula

Flowblade video editor 1.8 telah dirilis. Lihat catatan rilis

Cara root Galaxy Grand Prime [ SM-G530H - 4.4.4/5.0.2 ]

     Kali ini kita akan bahas cara root Samsung Galaxy Grand Prime Sm-G-530H 4.4.4/5.0.2. Sebelum kesini pastinya anda udah tahu apa itu root dan resiko-resikonya, saya asumsikan anda tahu jika belum tahu silahkan googling  dahulu.

      Berikut cara root Galaxy Grand Prime SM-G530H -4.4.4 KitKat :

A. Bahan-bahan :
     1. Samsung USB driver
     2. Odin
     3. Paket root Root_grand_prime_sm-g530h-mohan.zip
     4. CWM/cwmo.tar.

B. Langkah-langkah root.
    1. Instal Samsung USB Driver di PC.

    2.  Aktifkan USB Debugging. Pergi ke pengaturan, buka tentang perangkat tekan nomor versi sebanyak 7 kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang. Kemudian di pengaturan akan muncul menu Pilihan pengembang, centang mendebug USB.

    3. Ektrak Root_grand_prime_sm-g530h-mohan.zip. Setelah diekstrak akan menjadi dua berkas 2_cache_recovery_stock_mohan_sm-g530h.md5 dan 1_cfroot_sm-g530h_mohan.tar.md5.

    4. Ektrak Odin lalu jalankan Odin.exe.

    5. Matikan Grand Prime. Masuk mode download caranya tekan dan tahan tombol power+home+volume bawah, ditahan sampai menyala. Kemudian tekan volume atas untuk melanjutkan (Continue).

    6. Hubungkan Grand prime ke PC menggunakan kabel USB.  Tunggu Odin sampai mendteksi Grand prime. Bila kotak ID:COM berubah warna menjadi biru berarti perangkat sudah terdeteksi. Bila belum silahkan cek antara driver atau kabel USB.



   7. Tekan tombol AP lalu arahkan ke berkas 2_cache_recovery_stock_mohan_sm-g530h.md5 lalu tekan tombol start. Tunggu proses selesai. Setelah selesai matikan lagi Primenya lalu masuk mode download lagi. tekan tombol AP arahkan pada berkas 1_cfroot_sm-g530h_mohan.tar.md5. Tunggu proses selesai.


   8. Instal  CWM
  • Flash cwmo.tar seperti langkah diatas, cwmo.tar tidak perlu diekstrak. Pada AP pilih cwmo.tar>start.
     9. Cek root. Lihat dimenu aplikasi apkah ada aplikasi SuperSU. Jika ada root berhasil atau cek dengan applikasi Root Checker di playstore.

    10. Buka SuperSU, jika dimiinta mematikan pemberitahuan KNOX tekan batal saja.
Sumber: XDA



Cara root Galaxy Prime SM-G530H - 5.0.2 Lollipop
A. Bahan-bahan :

  1. Samsung USB driver
  2. Odin
  3. TWRP-SMG530H.tar
  4. SM-G530H-SuperSU-v2.46.zip.



B. Langkah-langkah root Galaxy Prime Lollipop:

  1. Pindahkan SM-G530H-SuperSU-v2.46.zip ke memori internal/external hp.
  2. Instal Samsung USB Driver di PC.
  3. Aktifkan USB Debugging. Pergi ke pengaturan, buka tentang perangkat tekan nomor versi sebanyak 7 kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang. Kemudian di pengaturan akan muncul menu Pilihan pengembang, centang mendebug USB.
  4. Ektrak Odin lalu jalankan Odin.exe.
  5. Matikan Grand Prime. Masuk mode download caranya tekan dan tahan tombol power+home+volume bawah, ditahan sampai menyala. Kemudian tekan volume atas untuk melanjutkan (Continue).
  6. Hubungkan Grand prime ke PC menggunakan kabel USB.  Tunggu Odin sampai mendteksi Grand prime. Bila kotak ID:COM berubah warna menjadi biru berarti perangkat sudah terdeteksi. Bila belum silahkan cek antara driver atau kabel USB.

  7. tekan tombol AP lalu arahkan ke berkas TWRP-SMG530H.tar.
  8. Selesai flash TWRP. masuk ke recovery. caranya tekan tombol power+home+volume atas, kemudian install SM-G530HSuperSU-v2.46.zip.




81 komentar:

Centang "Beri tahu saya" untuk menerima balasan via email

  1. Sukses ROOT @Grand Prime ane

    makasih banyak infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. meni kudu pokpek da lain di surga :v

      Hapus
  2. Mungkin agan agan ini belum mengaktifkan developer mode

    BalasHapus
  3. untuk Ricky Mardiono makasih Maxxx!! akhirnya bisa :v waktu aku coba aku debugging dulu :v arigatou gozaimasu :3

    BalasHapus
  4. root tanpa PC nya belum ada ya ?

    BalasHapus
  5. Gan cara root sony e1 gimna?
    Sdh coba pakai towelroot tpi ngak jdi :(

    BalasHapus
  6. berhasil sih gan pas proses yg download pertama langsung booting langsung masuk dan ada superSU nya , download yg kedua blm sempet dan udh gabisa , itu gppa ya gan? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  7. Gan klo cara root asus zenfone 6 kitkat gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.androidsuites.com/2014/09/cara-mudah-root-asus-zenfone-6-dan.html

      Hapus
  8. mantap booossss.... root sukses.....

    BalasHapus
  9. alhamdulillah...skrg hp sy normal lgi..gk nyasar lgi di system recovery.
    setelah mengikuti tutorial yg ada disini..http://www.kliniktekno.com/2015/05/cara-root-dan-instal-cwm-samsung-galaxy-grand-prime.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba upload file anda ke google drive atau blog anda.
      disana file nya eror gan.

      Hapus
  10. Kegunaan root buat apa ya gan? Bisa tolong jelaskan dikit ga? Soalnya aku mw root. Tapi masi takut.

    BalasHapus
  11. Root buat samsung grand prime yg tanpa PC gmna gan??tlong infoy ya..trims

    BalasHapus
  12. Buat yg masih bermasalah sama system recovery, mohon CWM juga di Instal/Flash/ato apalah namanya... Grand Prime ane sukses tanpa masuk lagi ke system recovery... karena menurut ane, ROOT ini butuh CWMO.tar utk bisa sempurna... plus catatan, ane mengaktivkan Mode USB Debugging... caranya bisa diliat di sini http://www.androidgila.com/274/cara-enable-mode-usb-debugging-di-ponsel-android/

    BalasHapus
    Balasan
    1. link cwmo.tar dmna ? soalnya yg d atas tdk bisa d download

      Hapus
  13. ada cara naikin dari 4.4.4 ke 5 gak?
    klo root yg seperti diatas we da sukses

    BalasHapus
  14. kalo ngeROOT, SIMnya di copot atau nggk??? pls bales

    BalasHapus
    Balasan
    1. kartu SIM ga ngaruh, dpasang ja gpp.

      Hapus
    2. udah ngikutin cara di atas sampe selesa, trus pas booting masuknya ke recovery.
      apa emang gitu atau ada yg salah? tolong balasannya thx. newbie T.T

      Hapus
    3. *smpe slesai, trus pas booting masuk ke recovery " philz touch 6"
      emang begitu atau ada yg salah?
      klo salah gk cara mengatasinya?

      Hapus
  15. file'a stelah di extrak ko cma ada 1 yah ..
    tpi di atas ada 2 file ..
    mhon gan pencerahan'a dah berulang coba tpi g bisa ..

    BalasHapus
  16. Gan hp ane udh berhsil di root,,tpi pas hp ane mati lalu mau di cas knpa msuk ke cwm trus.tlong penjelasan.a thankkk !!!

    BalasHapus
  17. gan tu file cwmo masih dalam rar archive ? ko isinya ga ada yg ber-ekstensi .tar?
    klo udah diunduh kemudian diextract dulu sebelum flash cwmo? apa langsung flash cwmo tanpa diextract dulu filenya gan? cz klo diextract isi filenya adalah " recovery.img " bukan " cwmo.tar "
    thankz sebelumnya gan.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. thankz gan udah sukses root terbukti dg munculnya aplikasi supersu di hh ane....
    ternyata file cwmo ga usah diekstract, ane coba2 langsung flash cwmo pake odin dan setelah klik ap trus diarahkan ke file cwmo kemudian didalam odin muncul tulisan cwmo.tar
    langsung ane klik start.
    thnks gan.

    BalasHapus
  20. file cwmnya kok ga bisa gan ? mohon bimbinganya !

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeroot nya sukses dan pasang cwm nya tapi ada kendala setelah matikan hp nya selalu timbul cwm nya harus bagai mana mohon bantuan nya bos....

      Hapus
    2. Ngeroot nya sukses dan pasang cwm nya tapi ada kendala setelah matikan hp nya selalu timbul cwm nya harus bagai mana mohon bantuan nya bos....

      Hapus
    3. Ngeroot nya sukses dan pasang cwm nya tapi ada kendala setelah matikan hp nya selalu timbul cwm nya harus bagai mana mohon bantuan nya bos....

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  22. terimaksih banyak sukses! tapi super su minta pembaruan bgaimna ni carax?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. gimana gan cara pembaharuan binary supersu nya?? mohon pencerahannya

      Hapus
  23. Assalamualaikum,di hp ane sekarang jadi ada tulisan "android se dinonaktifkan,silahkan mulai ulang handphone anda" nah sebelumnya ane sempet isntall kings root,sebelum ane install kings root gapernah ada katakata itu di notif,itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kalo root dah berhasil, buka aplikasi lancar, instal apk ga ada kendala : ga ush di update :)

      Hapus
  24. Saya berhasil ngeroot gan, lalu saya ubah bahasa hp saya ke inggris, lalu mau balik ke Indonesia sudah ga ada;agi gan, bgaimana ne solusinya? kemana-mana saya cari frimware kitkat bh.indonya susah kali downloadnya, ada yg punya Frimware Kitkat Bhs.Indo samsung grand prime??? butuh bangeeet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah di flash gan, susah2, mendingan agan donlon aja app di playstore namanya more local gambarnya dunia item gitu,

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  25. sesudah diroot apakah bisa di naikan versi seperti biasa,/lewat hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bs gan, kalo mau unroot/instal ulang rom nya trus update phone aja di "about device"

      Hapus
  26. root grand prime sm-951h gimana? yg os 5.0

    BalasHapus
  27. root grand prime sm-g531h gimana? yg os 5.0

    BalasHapus
  28. HELP kasih tutor dong hh ane slalu masuk recovery stelah d restart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. File CWM yg diatas kok ngk bisa kedownload sih? Link download CWM.tar dimna yah? Bantu dong guys..

      Hapus
  29. http://www.garduflash.com/2015/09/cara-upgrade-samsung-galaxy-grand-prime.html?m=1

    Ni cara ke lollipop..ane ud berhasil..
    Catatan: jagn download firmwarena d sammobile..
    Download di http://d-h.st/..INGAT CARI FIRMWARE YG SESUAI DGN PITA DASAR PRENGKAT ANDA...
    ket lbih lanjut 55382377

    BalasHapus
  30. Bangiaman cara mngatisi binary su yg tidak terinstal..???. Super subtidak bisa di buka. Mohon bantuanx

    BalasHapus
  31. Bangiaman cara mngatisi binary su yg tidak terinstal..???. Super subtidak bisa di buka. Mohon bantuanx

    BalasHapus
  32. Untuk Upgrade SM-G530H ke lollipop :
    1. Download firmware lollipop di sammobile, pilih yg negara Panama versi 5.0.2
    2. Flash via Odin
    Nanti ada tulisan Fail di odin
    Jangan Kaget dulu
    3. Flash file root grand prime sm-g530h by mohan
    Tidak usah flash CWMO.tar
    Nanti malah recoverynya blank alias hitam layarnya
    4. Reboot
    5. Selesai
    Tutorial sudah ane test sendiri pake HH ane.
    Work 100%
    Tutorial by : M. Subhi Ahsan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua Type grandprime bisa juga kah??

      Hapus
  33. gan pencerahan ane coba untuk pembaruan tapi akses di tolak sama samsungnya gimana tuh gan ?

    BalasHapus
  34. jadi ga bisa up ke lolipop-_-

    BalasHapus
  35. Kalo udah lollipop 5.1.1 gimana cara root nya gan?

    BalasHapus
  36. Ko sm J100h aq gak bisa d root gan...?

    Tlg kasih tau...bls

    BalasHapus
  37. kok proses root saya gak bisa ?
    berhenti di tulisan Cache.img.4 ???

    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  38. udh di root, tapi kenapa gk bisa masuk tampilan hp nya (home scren) gan


    BalasHapus
  39. Gan cara merubah internal ke exsternal vold pake samsung grand prime g530h gimana

    BalasHapus
  40. Selesai root pas hh restar selalu muncul CWM bawaan aja gan gimana ngatasi keluar dari cwn nya gan.?

    BalasHapus
  41. adakah yg sudah mencoba root galaxy prime yg sudah di up ke lolipop 5.02 ???
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kingroot gan, nih linknya https://androidmtk.com/download-kingroot-application

      Hapus
  42. Link SuperSU dan TWRP Galaxy Grand Prime Lollipop rusak gan, tolong diperbaiki lagi.

    BalasHapus
  43. Cara pasang arima file manager di grandprime gimana gan

    BalasHapus
  44. masih kesusahan dengan cara diatas, coba cara saya, ini gan Cara root grand prime 100% berhasil

    BalasHapus
  45. Gan,flash odinya pake koneksi internet gak mohon balas saya mau cwm grand nya

    BalasHapus
  46. Gimana ini ane slalu masuk recovery stelah d restart, mohon bantuannya.

    BalasHapus
  47. emang ts pernah nyoba?
    berhaasil????
    ada bukti?
    apa cuma copas?

    BalasHapus
  48. Gan mau tanya itu link bahan" nya yg lolipop no.3 TWRP kagak bisa gan mohon pencerahan hhhh

    BalasHapus
  49. Langkah yg terakhir pas mau masuk ke mode recovery kok gak bisa yah padahal di odin udah sukses sampai ada bacaan pas... solusinyavdong

    BalasHapus
  50. Cwm/cwmo.tar tak bisa di download ....
    klu bsa jangan pakai link mega ...

    BalasHapus
Back to Top